Kamis, 12 Januari 2012

(Ulasan Album) Anji - Luar Biasa



ANJI - Luar Biasa (2011)

1. Kata Siapa
2. Cinta Sulit Diterka
3. Sudah Jangan Bertengkar
4. Kekasih Terhebat
5. Dengan Sebab Sederhana
6. (Hatiku) Berhenti di Kamu
7. Ternyata Cinta
8. Luar Biasa (feat. Endah N Rhesa)
9. Seperti Aku dan Dirimu



Dengan mengambil judul Luar Biasa, sebenarnya Anji sudah bertaruh di album pertamanya. Apa benar lagu-lagunya sesuai dengan judul albumnya? Meskipun konsepnya sendiri sudah di luar kebiasaan. Coba perhatikan, judul-judul lagunya membentuk satu kalimat utuh, bukan? "Kata siapa, cinta sulit diterka? Sudah jangan bertengkar, kekasih terhebat. Dengan sebab sederhana, (hatiku) berhenti di kamu. Ternyata, cinta luar biasa, seperti aku dan dirimu."

Kita bakal menemukan tembang pop cerdas berjudul Kata Siapa dan Cinta Sulit Diterka di bagian pembuka. Perpaduan musik nan catchy di sepanjang durasi, menghasilkan hook-hook yang menyegarkan telinga. Sementara warna sendu mulai terlihat di lagu Sudah Jangan Bertengkar, Kekasih Terhebat hadir begitu menawan dengan beat-beat nan cerah dan menyenangkan.

Selain kepiawaian bernyanyi, ternyata Anji juga lihai dalam membuat lirik lagu. Kocokan gitar akustik, perpaduan instrumentalia piano dan alat musik gesek, pun bait nan puitis membuat Dengan Sebab Sederhana mudah sekali disukai. Kemudian, di madah (Hatiku) Berhenti di Kamu, kita dapat menangkap kuatnya kesedihan yang tersurat dalam liriknya yang sangat emosional. Lagu yang hanya didominasi dengan dentingan piano tersebut menjadi salah satu tembang terkuat di album Luar Biasa. Dan, seolah ingin memberi kejutan pada pendengarnya, Anji juga mengundang Bottlesmoker untuk menawarkan warna baru pada hits lama PadI, Ternyata Cinta. Dengan caranya sendiri, Anji membuat lagu tersebut berbeda tanpa harus merusak versi aslinya.

Kredit lebih aku berikan pada tembang akustik minimalis berjudul Luar Biasa. Duet Anji dan Endah N Rhesa memberikan nuansa manis dan menyenangkan di sini. Seakan dinyanyikan tanpa beban, melodinya terdengar santai dan tenang. Permainan instrumennya terbilang maksimal meski hanya bermodalkan gitar dan bas, pembagian vokalnya pun terdengar kompak dan menyatu, senada dengan lagunya. Terakhir, sebagai penutup, Seperti Aku dan Dirimu cukup efektif memberikan kesan anthemic sekaligus melegakan di benak pendengar.

Jadi, apa benar Anji bisa mewakili harapan kita terhadap judul albumnya? Kalau aku. Ya =).

8 / 10

— 12 Januari 2012 —


Tidak ada komentar:

Posting Komentar